Membaca pelangi

7 Januari 2008

Layaknya melihat pelangi, membaca buku ini seperti melihat untaian warna yang dirajut menjadi suatu kesatuan yang menarik, bersemangat, dan penuh akan nilai, Membayangkan seolah menjadi bagian dari anak-anak “sekolah kampung” muhammadiyah yang menamakan kelompok mereka laskar pelangi begitu mennghanyutkan. Laskar pelangi sebuah nama pemberian Bu Mus karena kegemaran kolektif sepuluh anak  seangkatan yang sering bertengger di dahan  fillicium untuk memandangi pelangi ketika musim hujan tiba.

Membaca buku ini, awalnya hanya tertarik karena pengaruh beberapa teman yang mengatakan buku ini sangat bagus, dan ternyata pandangan beberapa teman itu ridak lah salah. Begitu pula dengan tulisan kuning dalam sebuah garis merah di sampul buku paling atas, yang berbunyi Indonesia’s Most Powerfull Nook. Buku ini memang mengandung kekuatan nilai yang menggugah hati pembacanya.

memulai kisah laskar pelangi dengan cerita tahun ajaran baru sebuah sekolah kampong reot yang mirip dengan gudang kopra. Dan kegelisahan murid, orang tua bahkan guru untuk memulai belajar. Menggugah karena demi untuk bersekolah banyak hal yang harus di korbankan. Membuat hati terbuai untuk te3rus membaca menghabiskan halaman demi halaman selanjutnya.

Penggambaran anak-anak laskar pelangi dan orang-orang disekitarnya. Yang setiap orang memiliki karakteristik unik. Membuat buku ini menjadi semakin menarik. Lintang yang sangat jenius, mahar yang begitu “nyeni”, akiong, sahara, syahdan, ikal, harun, Trapani, kucai, borek, Flo. Kumpulan anak-anak yang menjalani sebuah persahabatan dan perjalanan hidup yang luar biasa.

Melalui buku ini juga banyak diajarkan nilai-nilai agama dengan bahasa yang mydah, bagaimana para anggota laskar pelangi yang diam dan hening mendengarkan suara adzan, bagaimana ditanamkan bahwa berbohong itu dosa, dan bagaimana sebuah usaha besar dan keyakinan yang kuatlah yang akan membuat hidup ini menjadi lebih menyenangkan dan dapat merubah suatu nasib seseorang.

Buku ini sangat menggugah hati dengan pengorbanan dan perjuangan seorang guru. buku ini pun begitu menggambarkan bahwa pendidikan itu begitu penting. Disisipkannya kisah cinta sebagai bumbu membuat buku ini semakin menarik, dan membuat pembaca ikut tersenyum membuka lembar demi lembar halaman yang menceritakan sebuah cinta pada pandangan pertama.

Namun, alur cerita yang loncat-loncat membuat sulit untuk memahami sebetulnya saat membaca halaman itu laskar pelangi sedang berada di kelas berapa?. Penggambaran biologis tentang suatu tumbuhan ataupun hewan menjadi hal unik tersendiri namun sayang dibagian itu seringkali kecepatan membaca ditambahkan dan bagian itu menjadi tak terperhatikan.

 Menarik dan menggugah, buku yang bagus untuk dibaca, ingin segera membaca buku keduanya “sang pemimpi” tapi sabar…. Bulan februari saja bacanya… karena ada beberapa buku lain yang harus di baca terlebih dahulu ^_^. 

“Nasib, Usaha dan Takdir bagaikan tiga bukit biru samar-samar yang memeluk manusia dalam lena. Mereka yang gagal tak jarang menyalahkan aturan main tuhan. Jika mereka miskin mereka mengatakan bahwa tuhan melalui takdir-Nya memang mengharuskan mereka miskin.           

Bukit-bukit itu membentuk konspirasi rahasia massa depan dan definisi yang sulit dipahami sebagian orang. Sehingga seorang yang lelah berusaha menunggu takdir akan mengubah nasibnya. Sebaliknya, seseorang yang enggan membanting tulang menerima saja nasibnya yang menurutnya tak kan berubah karena semua telah ditakdirkan. Inilah lingkaran iblis yang umumnya melanda para pemalas. Tapi yang pasti pengalaman selalu menunjukan bahwa hidup dengan usaha adalah mata yang dirurup untuk memilih buah-buahan dalam keranjang. Buah apapun yang didapat kita teteap mendapat buah. Sedangkan hidup tanpa usaha adalah mata yang dirurup untuk mencari kucing hidatm didalam kamar gelap dan kucingnya tidak ada.” (andrea hirata, laskar pelangi)

Satu Tanggapan to “Membaca pelangi”

  1. jungkirbalik said

    hello…
    beberapa kali saya melihat kedua buku tersebut di Gramedia, saya sedikit tertarik, terutama sang pemimpi. tolong beri saya resume buku tersebut

    jungkirbalik.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: