bicara harta VOC

14 November 2008

Perniagaan tanpa moralitas, Politik tanpa luka, Sains tanpa humanitas, Peribadahan tanpa pengorbanan, Kekayan tanpa kerja keras, pengetahuan tanpa karakter, Kesenangan tanpa nurani. kalimat yang identik dengan Mahatma Ghandi. Bukan hanya beliau, juga Ghandi Indonesia (Hatta) yang didalam novel ini kalimat dan ajaran mereka sering kali muncul, terjalin menjadi jalinan teka teki cerita penuh misteri. Tanpa sadar ketujuh kalimat tersebut ternyata juga tertulis di cover depan novel ini. Sama halnya dengan lambang VOC yang ternyata memiliki arti sangat khusus dalam cerita buatan E.S Ito ini.

Sebuah kisah pencarian harta karun yang terpendam di bumi pertiwi, Indonesia. Yang katanya membuat Indonesia menyetujui tawaran Belanda didalam Konfrensi Meja Bundar untuk menanggung semua hutang-hutang VOC sebagai ganti pengakuan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia. Terori konspirasi begitu menghanyutkan didalam novel ini, merangkai cerita menjadi seperti makanan lezat, begitu kita menikmatinya sedikit saja, maka mulut ini takkan berhenti melahap dan mengunyahnya hingga lembar terakhir. Mana kawan mana lawan menjadi daya tarik untuk terus dicari hingga akhir halaman.

Menarik, kenyataan sejarah dikembangkan dengan misteri harta karun dan imajinasi yang luar biasa. Bukan hanya bercerita mengenai kisah tetapi juga menjelaskan mengenai ideologi hidup yang nyata. Bagaimana seorang Kalek, Batu, Cathleen, dan tokoh lain memandang Indonesia. Bagaimana setiap tindakan yang diambil oleh tokoh dalam cerita ini memiliki landasan mengapa mereka harus melakukannya. Mengenal lebih jauh pandangan Hatta dan Ghandi tentang sebuah kemerdekaan. Menyusuri sudut-sudut kota Jakarta, dan beberapa sudut Indonesia, mengeksploitasi keindahan, keunikan masing masing tempat yang digambarkan.

Kisah yang menarik, ……ditutup dengan sebuah kalimat bijak

Negeri kaya raya, yang berpasir emas, berbukit intan, dan berkerikil manik. Tempat dimana tidak ada kemalangan, kesusahan, dan kesedihan. Pun menyadarkan bahwa masih ada kehidupan panjang yang menanti setiap insan dunia fana ini.

  • Judul :Rahasia meede ; misteri harta karun VOC
  • penulis : E.S Ito
  • Penerbit : hikmah
  • ISBN :978-979-114-099-7

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: