Cerita dari bawah tanah

19 November 2008

judul itu mungkin lebih pas disebutkan dan menjadi judul besar dari novel ini dibandingkan yang tertulis sekarang, yaitu Jihad terlarang.

memang, kalau membawa sesuatu kearah yang terlalu serius malah jadi gak cepat selesai, tetapi kalau membawa sesuatu itu santai dan membiarkan mengalir saja malah jadi cepet selesai. Begitu pula dalam membaca buku, ada buku yang saya baca dengan serius tapi gak selesai-selesai. tapi buku yang dibaca santai cepet banget selesai. tapi kesimpulan ini di tarik diluar kenyataan kalau memang buku yang kedua tadi lebih ringan.

ketemu buku ini baru kemaren di TM bookstore, tadi nya nyari buku yang lain yang secara garis besar memiliki tema yang sama lah dengan buku ini. yaitu tentang keluarnya seseorang dari sebuah gerakan karena kekecewaan terhadap gerakan tersebut (dalam hal ini gerakan islam). Kalau buku yang dicari tentang kisah seseorang di luar negeri. namun ternyata menemukan buku ini yang berjudul Jihad terlarang ; cerita dari bawah tanah. yah…. mau nggak mau karena lebih tertarik sama yang ini jadi deh pengkhianatan terhadap tujuan datang ke toko buku. gak jadi beli buku yang di tuju tapi malah beli yang lain. walau begitu judul buku yang di baru dibeli ini memang sudah nyangkut di hati semenjak beberapa bulan yang lalu membaca sinopsisnya di koran kompas. pengen nyari tapi belum sempet ketemu. dan di waktu yang tak terduga ternyata ketemu buku ini plus dapet buku kalah dan menang arya sutan takdir alisjahbana 50 tahun yang lalu (hehehe).

kembali tentang isi buku ini, ya memang judulnya harusnya cerita dari bawah tanah. karena yang lebih banyak di ceritakan adalah aktifitas organisasi bawah tanah (internal) dalam melakukan pembinaan rekrutment, dan mengembangkan sayap organisasi tadi. bukan tentang peran serta organisasi tadi dalam sebuah konsep jihad yang biasa dilakukan organisasi undergroun lainnya. karena memang disini tidak dijelaskan peran organisasi dalam dunia eksetrnal (misal:menggulingkan rezim yang mereka anggap thagut saat itu), juga tidak dijelaskan mengenai perjuangan mereka dalam membela muslim-muslim lain yang sedang terzalimi, juga tidak tentang balas dendam tokoh utama atas kematian orang tuannya si tokoh utama (yang dianggap sahid oleh sebagian orang).

terlepas dari itu semua, buku ini menariklah untuk saya. menjelaskan sebuah organisasi bawah tanah dan sepak terjangnya didalam merekrut anggotanya. bagaimana misi mulia oraganisasi yang berlandaskan prinsip-prinsip ketuhanan yang suci, ternyata dapat di selewengkan oleh beberapa oknum.Dan sebuah pengekangan terhadap sikap kritis para pengikutnya. membungkus pengekangan tersebut dengan dalil-dalil. fitnah dan intrik didalam organisasi yang muncul

peristiwa yang merubah seseorang menjadi lebih baik, menjadi sebuah refleksi tersendiri. mencari apa yang dianggap benar. mirip dengan jalan cerita roman izinkan aku menjadi pelacur, tapi dinovel ini diakhiri dengan sebuah kisah kembali kepada jalan yang benar, menemukan jawaban setelah meerenungi diri atas keselahan nya.

katanya sih ini kisah nyata dari mantan aktifis islam garis keras.

cerita dimulai dari kereta api dan disudahi di stasiun kereta api. ^_^

  • judul buku : Jihad terlarang; cerita dari bawah tanah
  • penulis : mataharitimoer
  • penerbit : tayla pustaka
  • ISBN : 978-979-145-001-0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: