saleh tapi tak berdaya guna

20 November 2008

buku yang di beli tanggal 23 oktober 2007, berarti udah lewat satu tahun buku ini ada di rak buku. semenjak buku ini berpindah tangan dari sang penjual. buku yang terdiri dari hanya 186 halaman ini, memang menyenangkan untuk di baca. mungkin (sambil mengingat-ngingat) saat itu momennya lagi pas banget baca buku ini.

kesalehan pribadi itu tidak akan pernah cukup, karena manusia itu gak hidup sendirian. egois banget sih manusia kalau hanya dia yang mau masuk ke surga, sendirian disana, memonopoli keindahan yang diberikan oleh Allah. Hidup kita nih saling ketergantungan satu sama lain, coba aja pikir dari mana nasi yang kita makan, kalau bukan dari manusia lain yang menanamnya. coba aja pikir dari mana kita dapte baju yang kita pakai, kalau bukan ada orang lain yang memprosesnya.

buku ini membahas masalah orang yang saleh tapi gak bisa berbuat apa-apa untuk lingkungannya. zaman sekarang sudah cukup banyak orang yang ahli ibadah, ahli zikir, cerdas, dan ahli dalam bidang ilmu yang ia tekuninnya. sungguh beruntung orang itu punya potensi lebih besar dibandingkan orang lain. tapi sayang, karena potensinya yang besar itu hanya tersimpan rapat dan rapih didalam dirinya. potensi itu harus diledakkan agar setiap orang bisa mendapatkan manfaatnya. Ber amal lah dengan ilmu dan kesalehan mu, ubah masyarakat sekitar, ubah bangsa indonesia agar keluar dari krisis multidimensional yang tak pernah berakhir sejak kita merdeka.

didalam buku ini dijelaskan mengenai pentingnya beramal dan mengakhiri ketidak berdayaan kita. hall apa yang menyebabkan manusia menjadi tidak berdaya dan apa yang harus dilakukan untuk mengobati ketidak berdayaan untuk beramal, diantaranya :

  1. berdoa kepada Allah SWT
  2. banyak beribadah, dan  nikmati serta renungi ibadahmu.
  3. gali ilmu dengan menghapal al-qur’an, banyak baca, banyak dengar berita
  4. banyak membaca buku biografi untuk memompa semangat.
  5. mengunjungi orang-orang saleh yang mempunyai semangat tinggi
  6. pahami misi hidup sebagai seorang manusia di dunia
  7. letakkan cita-cita setinggi langit dan gapailah cita-cita itu.
  8. teguhkan hati dan besrungguh-sungguh lah

sekiranya mereka besabar, bersungguh-sungguh, tegar dan berkorban, niscaya mereka menjadi pelopor penuh berkah yang dengannya Allah akan mewujudkan ketentuanNya dan menolong agamaNya.

 

  • judul buku ; Saleh tapi Tak Berdaya Guna
  • penulis : muhammad bin hasan Aqil Musa Syarif
  • penerbit : rabbani press
  • ISBN : 979-3304-27-8

 

Satu Tanggapan to “saleh tapi tak berdaya guna”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: