coba 4 hal ini !

1 Januari 2010

1. Jaga Shalat mu (shalat berjamaah) khusus nya Subuh. jangan pernah putus.

2. Jaga Tilawah mu , 1 juz per hari.

3. Hidupkan hati mu dengan senantiasa berdzikir & salawat di setiap kesempatan

4. Hidupkan malam-malam mu dengan Qiyamul Lail.

*sedikit materi yang tertinggal di ingatan, dari kuliah subuh Syaikh Muhammad Ali, acara mabit di Masjid Bank Indonesia.

Iklan

Sungguh bersyukur karena meskipun merasa sangat tidak optimal di tahun 2009 ini Allah masih memberikan kemudahan-kemudahan di tahun 2009.

Alhamdullilah di tahun 2009 ini sebelum resmi di wisuda pun, sempat merasakan bagaimana bekerja di HSE Oil & Gas, di BP West Java (yang sekarang sudah menjadi milik pertamina) walaupun hanya di kantor tanpa sekalipun mengunjungi lapangan. Namun disini lah pengalaman  mengenal dunia kerja yang sebenarnya pertama kali didapatkan, bagaimana berinteraksi dengan orang dan juga mendapat banyak pengetahuan baru. (oh begini toh di dunia kantoran).

Allah memang sangat baik, belum selesai internship di BP, alhamdullilah masuk menjadi karyawan Rekayasa Industri, tergabung dalam tim project kelas dunia…. Membangung pabrik bom terbesar di Asia. Benar-benar start dari nol – mulai dari baca requirement contrac… bikin prosedur… bikin system…. Dan diaplikasikan. Beruntung bisa bertemu dengan bos yang sangat baik. ^_^, sempat merasakan pulang balik Jakarta-kalimantan… akhirnya kaki ku bisa menjejak di tanah borneo.

Ternyata …. Di tahun ini pula Allah memberi kesempatan untuk ku , melanjutkan studi magister. (meskipun targetku baru 3 tahun lagi) belajar lagi…. Masuk kembali ke ruang kelas. Alhamdullilah. Dan juga belum genap satu tahun bekerja di Rekind, datang lagi suatu rejeki yang tak terduga. Alhamdulliah… bisa jadi abdi negara (PNS) di BATAN.

 tahun 2009, menjadi tahun yang begitu saja mengalir bagi diriku, sepertinya telah ada alur yang  disediakan untukku selepas lulus dari dunia kampus. Namun di akhir tahun 2009 ini, baru merasakan dengan begitu banyak nikmat Allah yang sudah diberikan, namun merasa sangat tertinggal dengan target-target ibadah yang dibuat….. seperti kehilangan semangat dan rasa syukur atas berbagai nikmat Allah itu.

…., saatnya berbuat lebih di 2010 ini, lebih dari tahun sebelumnya.

Resolusi  2010;  from zero to infinity and beyond…… (buzz lightyear)

  1. Saatnya Jadi PNS yang professional dan bersih, Jangan mau di racunin sama lingkungan yang gak baik !
  2. Harus Lulus program Magister di akhir 2010, dengan IPK yang memuaskan tentunya … amin
  3. Mau “ngaji” dengan lebih baik dan lebih bener… pasti!
  4. Siapkan diri….ayo lengkapi setengah dien. ^_^, banyakin ibadah…, isi ruhiyah, dan jangan lupa nabung…nabung!!!
  5. Kembali membaca dan menulis, mengasah otak ,kita liat berapa banyak buku yang dibaca dan tulisan yang dibuat sampai akhir 2010.
  6. Mulai….Petualangan Menjelajahi Nusantara dan segala keindahannya.
  7. Woi…. Jangan lupa turunin berat badan…. berat badan harus ideal dong!

Just do it !!!

Hari ini, tidak seperti biasa nya, saya mencoba menggunakan angkot sebagai sarana transportasi (untuk diketahui sehari-hari saya lebih sering menggunakan motor). Tidak ada yang spesial saat itu di angkot biru dengan kode trayek D.O2, Sampai akhirnya naiklah seorang ibu dengan anaknya yang masih TK.

Setelah kira-kira 5 menit mereka menaiki angkot,

Anak : “emak, ma’ ini udah abis” (sambil iya menyorongkan sebungkus plastik kosong sisa es yang sudah ia minum habis)

Emak : (tidak bereaksi apa apa)

Anak : “emak, ma’ ini udah abis, diapain ?” (tetap dengan menyorongkan plastik es nya)

Emak : (dengan cueknya) “Ya udah, kalo udah abis buang aja sih.” (tangannya mengambil plastik es di tangan si anak, dan dengan sigap melemparkannya ke luar melalui jendela angkot)

Anak : (memperhatikan plastik es yang dilempar emaknya, keluar jendela angkot)

Dalam hati saya bergumam lirih, “gila nih si Ibu”

Menjadi islam

29 Desember 2009

Suatu hari, setelah didahului dengan  perbincangan panjang lebar tentang berbagai hal, entah mengapa saya bertanya hal ini dengan seorang kawan

Saya : “sungguh beruntung ya, orang yang menjadi islam setelah mereka dewasa”

Kawan : “lho ?”

Saya  : “iya dong, karena dia memutuskan untuk menjadi seorang muslim dengan kesadaran penuh dari dalam dirinya”

Kawan : “bener juga sih, orang yang seperti itu menjadi islam karena usaha dan pencariannya, gak kayak kita yang udah diberikan islam sejak lahir, tanpa bisa memilih. Mungkin, belum tentu kita bisa memeluk islam, kalau kita dilahirkan tidak dari orang tua yang islam”

Saya : “mereka yang memeluk islam karena kesadarannya, pasti telah melalui pencarian yang panjang dan sangat yakin akan pilihannya, dan muallaf itu cendrung memiliki tingkat iman yang akhirnya jauh lebih baik daripada kita yang islam sejak lahir”

Kawan : “iya karena kita merasa sudah menjadi muslim sejak lahir, jadi nggak ada lagi perasaan istimewa saat kita sudah menjalani puluhan tahun hidup dengan berlabel muslim”

Saya : “kalau gitu, kalau nanti kamu punya anak, apakah kamu akan membebaskan ia untuk memilih agamanya, dan tidak akan menjadikan ia memeluk islam semenjak ia lahir, gimana tuh ?

Kawan : “mmm… kalau saya punya anak, pasti dia akan memeluk islam semenjak lahir, tapi akan saya didik dia agar dia memahami islam bukan sebagai sesuatu yang diberi dan dipaksakan oleh orang tuanya, tetapi sebagai sesuatu yang harus dia cari, dia temukan dan dia pilih karena kesadarannya. Akan saya buat ia selalu ingin tahu mengenai Islam dan semua kemuliaannya”

Saya pun tersenyum dan berjanji dalam hati, untuk  melakukan hal yang sama kelak pada anak saya.

Konspirasi, apa itu ?

30 November 2008

Mendengar kata konspirasi, yang terpikirkan secara cepat di otak kita pasti berkonotasi negatif. konspirasi berhubungan dengan tindak kejahatan tingkat tinggi, yang melipatkan intrik dan manipulasi serta gerakan bawah tanah. Padahal bukankah kata konspirasi itu kata netral ?

Kalau coba membiarkan sel syaraf di otak mencari hubungan kata konspirasi dengan pengalaman yang telah didapat. maka secara langsung sel syaraf akan menyebut tragedi WTC, 11 september. entah mengapa, yang terpikir hal itu. beberapa hari yang lalu, pun kata konspirasi ini muncul kembali. didalam judul sebuah seminar di faklutas. tema nya tentang NAMRU, dan konspirasi global terkait dengan kesehatan.

Di seminar itu, dengan pembicara Bapak Jose Rizal (Mer-C) di jelaskan (dipertanyakan tepatnya) untuk apa amerika membangun sebuah unit penelitian kesehatan di indonesia dengan penelitinya dari militer dan mendapatkan kekebalan diplomatik. setiap peneliti itu keluar masuk indonesia barang bawaannya tidak boleh diperiksa.  Apa yang diteliti. Banyak pertanyaan yang mungkin akan muncul???. Namun sayang fakta terkait dengan keberadaan NAMRU 2 di Indonesia, hanya sedikit di jelaskan. lebih banyak dijelaskan tentang konspirasi virus sharing influenza dan konspirasi kejadian black september.

Berpikir seperti ini berpikir semua kemungkinan….. bisa saja, ketika saya misal terserang diare. saya langsung memikirkan banya kemungkinan… makanan saya telah di sabotase, ada yang tidak suka dengan keberadaan saya, dsb. Dengan teori konspirasi segala hal bisa dikaitkan di dunia ini. Kejadian yang terpisah jarak dan waktu mungkin bisa di carikan korelasinya bahwa kejadian tadi berhubungan. dan ada dalang yang bermain di belakang kejadian tersebut.

Mungkin ada benarnya jika kita berpikir sedikit jauh kedepan dan lebih mendalam, untuk mengantisipasi adanya skenario jahat di dunia ini. namun…. ternyata tidak bisa pula kita berpikir sembarangan menganalisis atas kejadian. bisa-bisa kita bingung sendiri dan terjebak oleh pikiran kita sendiri.

 

saleh tapi tak berdaya guna

20 November 2008

buku yang di beli tanggal 23 oktober 2007, berarti udah lewat satu tahun buku ini ada di rak buku. semenjak buku ini berpindah tangan dari sang penjual. buku yang terdiri dari hanya 186 halaman ini, memang menyenangkan untuk di baca. mungkin (sambil mengingat-ngingat) saat itu momennya lagi pas banget baca buku ini.

kesalehan pribadi itu tidak akan pernah cukup, karena manusia itu gak hidup sendirian. egois banget sih manusia kalau hanya dia yang mau masuk ke surga, sendirian disana, memonopoli keindahan yang diberikan oleh Allah. Hidup kita nih saling ketergantungan satu sama lain, coba aja pikir dari mana nasi yang kita makan, kalau bukan dari manusia lain yang menanamnya. coba aja pikir dari mana kita dapte baju yang kita pakai, kalau bukan ada orang lain yang memprosesnya.

buku ini membahas masalah orang yang saleh tapi gak bisa berbuat apa-apa untuk lingkungannya. zaman sekarang sudah cukup banyak orang yang ahli ibadah, ahli zikir, cerdas, dan ahli dalam bidang ilmu yang ia tekuninnya. sungguh beruntung orang itu punya potensi lebih besar dibandingkan orang lain. tapi sayang, karena potensinya yang besar itu hanya tersimpan rapat dan rapih didalam dirinya. potensi itu harus diledakkan agar setiap orang bisa mendapatkan manfaatnya. Ber amal lah dengan ilmu dan kesalehan mu, ubah masyarakat sekitar, ubah bangsa indonesia agar keluar dari krisis multidimensional yang tak pernah berakhir sejak kita merdeka.

didalam buku ini dijelaskan mengenai pentingnya beramal dan mengakhiri ketidak berdayaan kita. hall apa yang menyebabkan manusia menjadi tidak berdaya dan apa yang harus dilakukan untuk mengobati ketidak berdayaan untuk beramal, diantaranya :

  1. berdoa kepada Allah SWT
  2. banyak beribadah, dan  nikmati serta renungi ibadahmu.
  3. gali ilmu dengan menghapal al-qur’an, banyak baca, banyak dengar berita
  4. banyak membaca buku biografi untuk memompa semangat.
  5. mengunjungi orang-orang saleh yang mempunyai semangat tinggi
  6. pahami misi hidup sebagai seorang manusia di dunia
  7. letakkan cita-cita setinggi langit dan gapailah cita-cita itu.
  8. teguhkan hati dan besrungguh-sungguh lah

sekiranya mereka besabar, bersungguh-sungguh, tegar dan berkorban, niscaya mereka menjadi pelopor penuh berkah yang dengannya Allah akan mewujudkan ketentuanNya dan menolong agamaNya.

 

  • judul buku ; Saleh tapi Tak Berdaya Guna
  • penulis : muhammad bin hasan Aqil Musa Syarif
  • penerbit : rabbani press
  • ISBN : 979-3304-27-8

 

Cerita dari bawah tanah

19 November 2008

judul itu mungkin lebih pas disebutkan dan menjadi judul besar dari novel ini dibandingkan yang tertulis sekarang, yaitu Jihad terlarang.

memang, kalau membawa sesuatu kearah yang terlalu serius malah jadi gak cepat selesai, tetapi kalau membawa sesuatu itu santai dan membiarkan mengalir saja malah jadi cepet selesai. Begitu pula dalam membaca buku, ada buku yang saya baca dengan serius tapi gak selesai-selesai. tapi buku yang dibaca santai cepet banget selesai. tapi kesimpulan ini di tarik diluar kenyataan kalau memang buku yang kedua tadi lebih ringan.

ketemu buku ini baru kemaren di TM bookstore, tadi nya nyari buku yang lain yang secara garis besar memiliki tema yang sama lah dengan buku ini. yaitu tentang keluarnya seseorang dari sebuah gerakan karena kekecewaan terhadap gerakan tersebut (dalam hal ini gerakan islam). Kalau buku yang dicari tentang kisah seseorang di luar negeri. namun ternyata menemukan buku ini yang berjudul Jihad terlarang ; cerita dari bawah tanah. yah…. mau nggak mau karena lebih tertarik sama yang ini jadi deh pengkhianatan terhadap tujuan datang ke toko buku. gak jadi beli buku yang di tuju tapi malah beli yang lain. walau begitu judul buku yang di baru dibeli ini memang sudah nyangkut di hati semenjak beberapa bulan yang lalu membaca sinopsisnya di koran kompas. pengen nyari tapi belum sempet ketemu. dan di waktu yang tak terduga ternyata ketemu buku ini plus dapet buku kalah dan menang arya sutan takdir alisjahbana 50 tahun yang lalu (hehehe).

kembali tentang isi buku ini, ya memang judulnya harusnya cerita dari bawah tanah. karena yang lebih banyak di ceritakan adalah aktifitas organisasi bawah tanah (internal) dalam melakukan pembinaan rekrutment, dan mengembangkan sayap organisasi tadi. bukan tentang peran serta organisasi tadi dalam sebuah konsep jihad yang biasa dilakukan organisasi undergroun lainnya. karena memang disini tidak dijelaskan peran organisasi dalam dunia eksetrnal (misal:menggulingkan rezim yang mereka anggap thagut saat itu), juga tidak dijelaskan mengenai perjuangan mereka dalam membela muslim-muslim lain yang sedang terzalimi, juga tidak tentang balas dendam tokoh utama atas kematian orang tuannya si tokoh utama (yang dianggap sahid oleh sebagian orang).

terlepas dari itu semua, buku ini menariklah untuk saya. menjelaskan sebuah organisasi bawah tanah dan sepak terjangnya didalam merekrut anggotanya. bagaimana misi mulia oraganisasi yang berlandaskan prinsip-prinsip ketuhanan yang suci, ternyata dapat di selewengkan oleh beberapa oknum.Dan sebuah pengekangan terhadap sikap kritis para pengikutnya. membungkus pengekangan tersebut dengan dalil-dalil. fitnah dan intrik didalam organisasi yang muncul

peristiwa yang merubah seseorang menjadi lebih baik, menjadi sebuah refleksi tersendiri. mencari apa yang dianggap benar. mirip dengan jalan cerita roman izinkan aku menjadi pelacur, tapi dinovel ini diakhiri dengan sebuah kisah kembali kepada jalan yang benar, menemukan jawaban setelah meerenungi diri atas keselahan nya.

katanya sih ini kisah nyata dari mantan aktifis islam garis keras.

cerita dimulai dari kereta api dan disudahi di stasiun kereta api. ^_^

  • judul buku : Jihad terlarang; cerita dari bawah tanah
  • penulis : mataharitimoer
  • penerbit : tayla pustaka
  • ISBN : 978-979-145-001-0

macet

19 November 2008

apaan sih macet ini, kata om wiki ternyata macet itu adalah :

Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk

dan, tau nggak sih kalau hal ini dapat dipastikan terjadi setiap hari di kota depok. di jalan margonda yang merupakan jalan utama kota depok. dan karena itu pula maka gue harus menghadapi sang macet ini tiap hari, mau nggak mau. 

Ketika kita akan memasuki kota depok dari arah jakarta, maka kota depok akan dengan sangat hangat menyambut kedatangan kita dengan macet. macet sudah terlebih dahulu menyapa kita sebelum tulisan selamat datang di kota depok. mobil dan bahkan juga motor sudah berjalan merayap jauh sebelum memasuki kota depok. di depan asrama nf kemacetan sangat parah terjadi. mobil, bis, angkutan umum, bahkan motor. menumpuk jadi satu. bukan hanya karena jalanan masuk ke kota depok (ketika jalan terbagi 2 ke arah ui dan depok) menjadi mengecil. tapi juga karena banyaknya angkutan umum yang berhenti di tengah jalan karena ingin menaik dan menurunkan angkutan umum.

melihat fenomena ini tiap hari. membuktikan bahwa ini menjadi salah satu ciri khas kota depok, sebagai penyokong jakarta. setiap hari dimulai dari jam 6 sampai jam 9 pagi kendaraan bermotor berduyun-duyun berangkat dari depok menuju jakarta. dan di sore hari kembali kendaraan ini mengular menuju depok di sekitar jam 5 sore sampai 8 malam. entah ratusan orang ini menikmatinnya atau tidak, mengerjakan dengan ikhlas atau tidak, gue pernah mengalami hal ini selama sebulan harus berjibaku dengan gaharnya jalan dan kemacetan menuju depok. wuih strees juga.

bener kali ya kalau ternyata perilaku orang indonesia ini konsumtif. hal ini bisa dilihat ketika kemacetan dijalan raya, tidak sedikit mobil pribadi yang ternyata isinya hanya satu orang. padahal kapasitas penumpangnya biasa 4-6 orang. bandingkan dengan di negara maju seperti jepang (yang katanya) para pekerja di sana lebih senang menggunakan kendaraan umum. bahkan banyak direktur umum perusahaan besar disana juga naek kereta untuk aktifitas kerjanya (katanya). Kalau di Indonesia level pegawai masih berstatus honorer aja (capeg) kalau udah punya uang buat kredit pasti kredit mobil. huff….. materialistik amat.

kalau begitu jangan salahkan jusuf kalla yang pernah mengatakan banyak orang indonesia yang mampu, liat aja di jalan raya. gue rasa apa yang dikatakan pak wapres itu betul. banyak orang indonesia yang kaya harta. tapi miskin jiwa dan hati.

sekarang, jalan margonda lagi dalam proses pelebaran, dari 4 jalur menjadi 6 jalur dan sebagian sudah selesai (yang didepan walikota). tapi ini cuma nambah masalah, kenapa? semakin baik fasilitas yang disediakan maka akan semakin tinggi keinginan orang untuk menikmatinya. kaya prinsip dasar supply demand di pelajaran ekonomi. ada jalanan kosong pasti akan ada mobil yang mengisinya. dan macet akan terjadi lagi. tak terhindarkan. mendingan sekalian aja ambil titik ekstrim, gak usah jalan di lebarin, biar penuh sama mobil dan kendaraan lainnya. dan stagnan gak jalan. maka semua orang akan sadar akan dampak nya dan memilih mencari alternatif yang lebih baik. gitukan pribadi manusia kalau udah merasa dampaknya baru deh kapok.

yang makin parah, dengan kemacetan berarti makin banyak gas buang yang keluar ke udara. makin banyak polusi. dan pencemaran udara akan bertambah. kualitas kehidupan menjadi berkurang. mau bukti bahwa polusi makin banyak. coba aja naek motor dari priok ke depok pake helm biar aman tapi kaca nya jangan di tutup. sampe depok lap muka dengan tissu putih dan temukan berapa ketebalan debu polusi di muka lo. gimana dengan pak polisi yang tiap hari di jalanan ya ??

macet…., jangan pernah mencoba untuk menikmatinya. tapi bencilah ia, biar dia bisa cepat menghilang dari jalanan di kota depok

 

 

naek kereta api di indonesia gak aman, tingkat keselamatannya rendah. pasti semua orang akan sepakat dengan kata-kata itu.  gimana nggak ? kalau kita melihat realitas dilapangan betapa parahnya perkereta apian di indonesia. memang untuk menyimpulkan sesuatu itu harus pake metode yang ilmiah bukan subjektif dan serta merta. tapi gimana nggak bisa menyimpulkan kayak gitu, sejauh pengalaman ku naek kereta, yang paling sering di dapet itu, ya pengalaman buruknya. emang sih intensitas naek kereta nya nggak tiap hari. tapi dengan yang intensitasnya dikit aja bisa begitu, gimana yang intensitas naek kereta nya sering.

pengalaman hampir kecopetan di dalam kereta, udah dialamin dua kali. Sekali sampe megang tangan copetnya yang udah masuk kantong belakang, tempat dimana dompet ku berada. Diplototin aja tuh copet, kabur juga dia. (huf..)

pengalaman ngeliat korban menginggal akibat ketabrak kereta, udah dua kali juga. Di Ui, mahasiswa keserempet sampe meninggal. dan pas sedang dalam perjalanan ke kota sebelum stasiun manggarai, seonggok bangkai manusia berlumuran darah karena baru saja tertabrak.

pengalaman naek kereta terlambat sampe 4 jam, perjalanan kereta dari solo ke jakarta. juga udah.

pengalaman liat orang naek diatas kereta, tiap hari ngeliat. pengen coba apa sih rasanya (tapi nggak pernah berani). pengalaman liat orang gelayutan di pintu kereta yang terbuka, tiap hari ngeliat dan kalau naek kereta kadang juga melakukannya.

dan hari ini…. semua ingatan akan hal buruk terkait kereta di indonesia di tambahin buruk dengan judul artikel di kompas cetak“PT Kereta Api Tak Serius Benahi Keselamatan”. Secara keilmuan ku Kesehatan dan keselamatan kerja. gimana nggak langsung ngebaca artikel ini, artikel tentang keselamatan transportasi.

ternyata, oh ternyata….. parah banget kondisi PT.Kereta Api Indonesia, khususnya masalah penerapan keselamatannya. Padahal hampir tiap tahun ada aja mahasiswa sarjana FKM UI yang melakukan penelitian tentang keselamatan kereta api, dan masukan itu pun secara gratis dialamatkan untuk PT.KAI.

liat nih kutipan isi beritannya :

Pusat Keselamatan PT KA didirikan direksi PT KA tahun 2005. Dua tahun setelah didirikan, lembaga itu tidak punya satu pegawai pun.

Namun, kini terdapat tiga personel, yakni Kepala Pusat Keselamatan KA, Kepala Bidang Pencegahan Kecelakaan, dan Kepala Bidang Evaluasi dan Dampak Kecelakaan.

Kepala Pusat Keselamatan PT KA Bambang Adi Pratignjo mengatakan, pihaknya akan mengaudit sarana, prasarana, dan operasi dimulai dari KA Jabotabek dan KA Sumatera Selatan. ”Audit KA Jabotabek digelar November-Desember 2008. Lalu, KA Sumsel mulai awal Januari 2009,” ujarnya.

”Langkah besarnya (masalah keselamatan) masuk ke corporate plan. Rencana itu tak cukup lima tahun, tetapi mungkin 25 tahun ke depan,” ujar Bambang AP. Dia baru bicara idealnya karena masalah keselamatan belum dirinci dalam corporate plan PT KA.

Personel sedikit, belum ada rencana jangka panjang, dan kebijakan keselamatan yang setengah-setengah. Ini jelas menunjukkan ketidakseriusan PT KA. Sepatutnya ada upaya yang massal, masif, dan terintegrasi agar angka kecelakaan bisa dikurangi.

Bambang AP mengaku ”berguru” di ”universitas google”, mempelajari banyak aspek keselamatan. Dia berkiblat ke Japan Railway karena di sana terdapat banyak aspek yang mirip, di antaranya lebar rel yang 1.067 milimeter (mm).

kalau dibandingi sama di India, jauh banget deh. di situ juga ditulis bagaimana india dah punya buku pedoman tersendiri untuk keselamatan, dan rencana kerja untuk mencapai zero accident. wuih…

jadi pengen liat profil PT.KAI ? liat aja di websitenya, eh ternyata nggak ada isinya juga. cuman ini : Mohon ma’af, untuk saat ini web kereta-api.com sedang dalam proses pengembangan. Harap maklum, terima kasih. Untuk sementara hanya jadwal & tiket yang bisa diakses.

jadi, untuk 10 tahun kedepan kita belum bisa berharap banyak bahwa keselamatan menjadi sebuah prioritas bagi pelayanan PT.KAI. Kalau cuma orientasi keuntungan aja, kapan keselamatan mau ditingkatkan.

beberapa hari terakhir, hits di you tube meningkat terkait pemuatan video ber judul “waspada ancol, ada monster air!…. liat disini videonya.

bahkan jusuf kalla, sampai menanggapai nya dan mengatakan akan mengecek langsung.  portal berita kompas.com memberitakan ini. media televisi juga memberitakan ini. benar kah ? ada monster ancol? bahaya gak buat manusia? apa jangan-jangan ntar kalau kita berenang diancol pas keluar dari air badan udah digerogotin dan daging kita sudah habis dimakan si monster ?

tapi, dua hari belakangan jawaban akan video ini terkuak, ini hanya kutu air. seperti yang diberitakan kompas cetak hari minggu 16 November 2008.

Sample yang diambil tim PT jaya ancol selanjutnya diteliti LIPI. Berdasarkan hasil penelitiannya ditemukan bahwa monster ini adalah parasit ikan yang tidak berbahaya untuk manusia.

Ini adalah kutu air, jenis hewan herbivora pemakan sampah, dan sesuatu yang membusuk. Jadi tidak mengganggu manusia. Hewan itu merupakan kelompok isopoda jenis cirolana yang sering dijumpai di pantai dan tempat berbatu. binatang ini tersebar di hampir semua pesisir pantai. bahkan ubur-ubur lebih bahaya dari kutu air.

Jadi, inngin mengetahui lebih jauh hewan kelompok isopoda dan berjenis cirolana ini, liat deh disini

ini sedikit ringkasan dari website itu :

tampangnya ada disini

deskripsinya :

Cirolana harfordi is a dorso-ventrally flattened isopod. Males, which are larger than females, typically grow to around 20mm. It is a dark grey colour, with distinctive regular rows of lighter dots. There are two grooves running between the non-stalked eyes, one along the front of the head, the other more on top of the head. The pleotelson (the tail segment fused with abdominal segments) has two raised bumps (tubercles) around the middle of the segment, and also has robust setae (hairs) on the tip of the segment. The uropods are both rounded with many hairs on their tips and extend further than the tip of the pleotelson

Habitatnya :

C. harfordi is found in intertidal habitats, commonly under rocks on sandy beaches. Unlike many sandy-beach organisms, this species does not appear to be limited by the particle size of the beach substrata. They appear to be more common in areas sheltered from wave action, and have a high tolerance to reduced salinity.

Makanannya :

C. harfordi is an active predator, consuming small polychaetes and crustaceans. They are also efficient scavengers, consuming rotting flesh that has been washed ashore.

C. harfordi is an efficient scavenger, an excellent swimmer and emerge to feed in the surf zone at high tide. The diet of C. harfordi consists primarily of minute polychaetes and crustaceans. They also utilise dead animal matter found in the surf zone (Johnson, 1976)

Dampaknya :

There have been no recorded impacts of this species throughout its introduced range.

 

Gimana. masih takut sama monster ancol ? yah kita tunggu aja rilis resmi nya dari PT jaya Ancol, apakah akan memusnahkan hewan-hewan ini. atau membiarkannya, karena bagian dari rantai alam.

bicara harta VOC

14 November 2008

Perniagaan tanpa moralitas, Politik tanpa luka, Sains tanpa humanitas, Peribadahan tanpa pengorbanan, Kekayan tanpa kerja keras, pengetahuan tanpa karakter, Kesenangan tanpa nurani. kalimat yang identik dengan Mahatma Ghandi. Bukan hanya beliau, juga Ghandi Indonesia (Hatta) yang didalam novel ini kalimat dan ajaran mereka sering kali muncul, terjalin menjadi jalinan teka teki cerita penuh misteri. Tanpa sadar ketujuh kalimat tersebut ternyata juga tertulis di cover depan novel ini. Sama halnya dengan lambang VOC yang ternyata memiliki arti sangat khusus dalam cerita buatan E.S Ito ini.

Sebuah kisah pencarian harta karun yang terpendam di bumi pertiwi, Indonesia. Yang katanya membuat Indonesia menyetujui tawaran Belanda didalam Konfrensi Meja Bundar untuk menanggung semua hutang-hutang VOC sebagai ganti pengakuan kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia. Terori konspirasi begitu menghanyutkan didalam novel ini, merangkai cerita menjadi seperti makanan lezat, begitu kita menikmatinya sedikit saja, maka mulut ini takkan berhenti melahap dan mengunyahnya hingga lembar terakhir. Mana kawan mana lawan menjadi daya tarik untuk terus dicari hingga akhir halaman.

Menarik, kenyataan sejarah dikembangkan dengan misteri harta karun dan imajinasi yang luar biasa. Bukan hanya bercerita mengenai kisah tetapi juga menjelaskan mengenai ideologi hidup yang nyata. Bagaimana seorang Kalek, Batu, Cathleen, dan tokoh lain memandang Indonesia. Bagaimana setiap tindakan yang diambil oleh tokoh dalam cerita ini memiliki landasan mengapa mereka harus melakukannya. Mengenal lebih jauh pandangan Hatta dan Ghandi tentang sebuah kemerdekaan. Menyusuri sudut-sudut kota Jakarta, dan beberapa sudut Indonesia, mengeksploitasi keindahan, keunikan masing masing tempat yang digambarkan.

Kisah yang menarik, ……ditutup dengan sebuah kalimat bijak

Negeri kaya raya, yang berpasir emas, berbukit intan, dan berkerikil manik. Tempat dimana tidak ada kemalangan, kesusahan, dan kesedihan. Pun menyadarkan bahwa masih ada kehidupan panjang yang menanti setiap insan dunia fana ini.

  • Judul :Rahasia meede ; misteri harta karun VOC
  • penulis : E.S Ito
  • Penerbit : hikmah
  • ISBN :978-979-114-099-7

 

Judul buku ini memang provokatif, karena judul buku ini jua, membuat penasaran ingin membaca buku ini. berawal dari melihat cover buku ini di pegang oleh salah seorang dosen di kampus. timbul keinginan untuk membuka lembar demi lembar, mau minjam tak kesampaian , mencari-cari tak ketemu temu sampai akhirnya ku dapatkan juga buku ini bulan lalu.

kalau membaca buku ini dari belakang, yang menarik adalah surat pembacanya. ternyata buku ini menuai kontroversi di kota kelahiran buku ini. banyak yang antusias banyak juga yang mencaci maki kehadiran buku ini, katanya seperti itu. terlepas dari kontroversinya, malah menjadi semakin menarik untuk dibaca. karena semakin kontroversi sesuatu semakin banyaklah orang yang ingin tahu.

kisah seorang muslimah yang kecewa dengan kondisi sebuah “jamaah” yang ia ikuti. ternyata segala ekspektasi dan harapan serta motivasi mengabdikan diri di jalan-Nya menjadi hancur berkeping-keping, setelah mengetahui apa yang ada dibalik topeng kelompok itu. pandangan hidupnya yang positif menjadi berbalik arah seketika. menjadi sangat negatif. Ia paham akan hakikat kehidupan, ia meyakin akan adanya hari akhir, akan adanya tuhan, akan adanya pahala dan kehidupan. tapi apa daya pengalaman membuat ia menjadi membenci tuhannya, ia marah. dan meluapkan kemarahnnya dengan cara yang tidak lazim. terjebak didalam dunia pelacuran adalah keinginannya. membongkar topeng-topeng orang yang bermuka manis dan baik tujuannya.

lembar awal buku ini banyak bercerita tentang proses ia masuk kedalam ”jamaah” dan juga keanehan serta kesesatan didalam jamaah tersebut. memasuki tengah buku, buku ini seolah berubah menjadi buku yang hanya boleh dikonsumsi orang dewasa. memang sepertinya buku ini lebih baik tidak dibaca oleh orang muda yang masih polos pikirannya.

pagi benar-benar telah datang seperti sediakala. dan hari ini aku akan turun kembali menemui hidup. aku sang nabi kejahatan, aku akan menemui kehidupan bumi yang makin lama makin gelap. Nantikan aku manusia-manusia! aku, sang nabi kejahatan, sang putri api, akan terus mengganggu, menyobek-nyobek, dan membakar topengtopeng kemunafikan hidupmu. tunggu saja aku. aku segera datang

begitulah paragraf penutup dari memoar yang diangkat dari kisah nyata. menarik dan memang penuh kontroversi.

  • Judul : tuhan, izinkan aku menjadi pelacur !; memoar luka seorang muslimah
  • Penulis : Muhidin M Dahlan
  • penerbit : Scripta manent
  • ISBN : 979-99461-1-5

tentang rokok (lagi)

14 November 2008

karena lagi hot lagi isu rokok di otak ku, pas lihat-lihat portal berita eh nemu berita ini deh…. disini ,

kan, kalau mau menghilangkan rokok di indonesia secara extrem seluruh pabrik rokok di suruh tutup aja. tapi kata yang kontra, hal itu akan menyebabkan jutaan orang  menjadi kehilangan pekerjaan. dan kemiskinan akan merajalela (katanya loh).

Nah pas baca berita/artikel tadi, jadi kepikir kayaknya gak bakal deh muncul kemiskinan dimana-mana. Contohnya : para petani tembakau, yang selama ini menggantungkan hidupnya dari pabrik rokok bisa diberdayakan tuh buat bikin pembasmi hama dari tembakau. Lebih ramah lingkungan dan nggak merugikan kesehatan. iya lah… dapi pada pake pestisida.

Tembakau merupakan pembasmi hama alami yang dapat membantu Anda menghilangkan hama. Hanya saja perlu diperhatikan cara pakainya:

  • Sediakan segenggam tembakau dari jenis apa saja, kemudian campurkan dengan air eperlunya dan empat sendok kapur.
  • Aduk sambil diremas-remas hingga merata dan biarkan selama semalam.
  • Ssok harinya campuran tadi disaring dan digunakan untuk menyemprot hama.
  • Untuk  diketahui cairan ini hanya dapat digunakan satu kali karena tidak tahan disimpan dalam beberapa hari.

tapi masih pengembangan lebih lanjut kayanya, yah daripada tembakaunya buat bikin rokok dan bikin orang mati mendingan buat bikin hama pada mati aja.

Menjadi manusia abad 21

14 November 2008

buku lama sih, dah di baca dari SMA dulu pas masih cupu ^_^

Biarkan mereka terpesona, satu per satu manusia yang ada disekitar rasullulah berubah, Mereka semua mengalami proses rekonstruksi visi dan pandangan hidup mereka tentang tuhan, tentang diri mereka sendiri sebagai manusia, tentang alam raya yang mengitari mereka dan tentang misi kehidupan mereka didunia. Hal itu menjadi awal dari perubahan besar yang terjadi dalam skala kepribadian mereka. Akibatnya, Secara tiba-tiba gurun jazirah arab dipenuhi oleh manusia-manusia besar yang siap memimpin dunia.

Paragraf ini, benar-benar membuat terpesona ketika pertama kali menyentuh buku ini, ini cuma paragraf pengantar dari penerbit. tapi langsung terbayang efek dari buku ini akan memunculkan manusia-manusia besar di Indonesia, yang siap memimpin dunia. wuih , dahsyat!!!.

Buku ini merupakan kumpulan dari training yang diberikan Annis Matta, seorang penulis dengan segala kekhassannya yang membuat ia berbeda, sehingga banyak perspektif berbeda setiap orang memandang dirinya. Walaupun bukan ditulis oleh orang yang tidak ber latar belakang psikologi, buku ini bercerita tentang pengembangan diri. entah secara empiris ilmu psikologi buku ini memenuhi kaidah ilmiah atau tidak. namun kata dan kalimat yang terangkum dalam buku ini memang menggugah pembacanya untuk merubah dirinya menjadi manusia besar.

Bukan hanya mendorong seseorang mengembangkan diri menjadi manusia yang luar biasa secara duniawi, buku ini juga menyandarkan pengembangan diri melalui landasan syar’i (dalam hal ini agama islam) Hal ini terlihat dari munculnya ayat-ayat al-quran didalam buku ini dan juga penafsiran dari ayat-ayat tersebut. Selain itu, muncul juga beberapa contoh yang ada di buku pengembangan diri modern lain, seperti milik sthepen chovey dalam seven habits.

menjadi manusia seimbang jasmani, intelektual dan ruhani juga masuk kedalam hal yang dibahas buku ini, buku ini mungkin bagus untuk dibaca oleh remaja yang beranjak dewasa, untuk memotivasi dan membuka mata mereka, akan masa depan dan tujuan mereka ada di dunia.

entah sudah berapa banyak orang membaca buku ini, semoga semakin banyak yang membacanya, semakin banyak raksasa tertidur yang akan bangun dari diri manusia. Dan siap untuk menjadi manusia besar yang akan memimpin dunia. semoga proses ini juga sedang aku jalani ^_^.

mungkin aja lima atau sepuluh tahun lagi ada manusia besar indonesia, yang muncul karena juga dipengaruhi oleh buku ini.

  • judul : model manusia muslim abad XXI
  • penulis : anis matta
  • penerbit : progressio
  • isbn : 979-3279-31-1

Taksi Ojek

14 November 2008

baca kompas hari ini (14nov 2008) deh, ada gambar yang menarik buat di komentarin.

liat gambarnya disini

kondisi jakarta yang makin macet, membuat orang menjadi serba kreatif. Mungkin, hal ini yang terjadi buat pengusasah limobike ini. Limobike sebutan buat ojek taksi, yang diperuntukan buat kalangan menengah atas. motornya sih kayaknya biasa aja (motor matic) bukan motor meah atau motor gede. tapi motornya dipake in seragam di cat warna yang sama. jadi pengen coba naek ^_^

tapi sayang nya ojek taksi ni mahal banget, coba aja harganya dibandrol segini, buat jarak 0-10km harganya 35.000, buat 20 km 45.000, dan 50.000 buat 40 km.

ada-ada aja ya, mending pemerintah buruan deh cepet-cepet realisasiin subway, dan monorail biar jakarta gak macet.

 

tentang rokok

13 November 2008

mungkin, gak semua orang tau bahwa 12 November adalah peringatan hari kesehatan nasional, dan lebih mungkin lagi lebih banyak yang gak tau bahwa penetapan 12 November sebagai hari kesehatan nasional dilakukan oleh Bung Karno ketika ia menjabat sebagai presiden. Dan lebih lebih mungkin lagi lebih lebih banyak yang gak tau bahwa saat itu penetapan didasarkan dengan prestasi bahwa indonesia bisa bebas dari cacar air.

namun, sampai saat ini sesudah 44 kali pengulangan tanggal 12 november, belum ada pengulangan keberhasilan seperti saat itu.

yang ada makin banyak penyakit baru datang ke indonesia (sebut saja: flu burung, aids, antrax) dan penyakit lama pun makin betah tinggal di negara kita ini (sebut saja : DBD, diare, TB, dan teman-temannya.

dan, yang juga tidak pernah hilang adalah rokok. Memang rokok bukan penyakit, tapi siapa sih yang gak tau kalau rokok itu adalah penyebab penyakit (faktor resiko). Coba aja hitung berapa banyak orang yang ngerokok sepanjang perjalanan kamu naik bis dari depok ke kampung rambutan atau naek kereta dari depok ke kota. pasti jari kamu bisa jelimet karena gak bakal cukup buat ngitungin nya.

tau nggak, 12 november kemaren di kompas muncul iklan 1 halaman penuh (tapi hitam putih) isinya tulisan semua, yang intinya mendesak pemerintah (presiden dan dpr) untuk meratifikasi FCTC (frame work convencion in Tobacco Control). Yang disitu tercantum banyak nama tokoh penting di Indonesia.

tau nggak, kalau tangal segitu (12 Nov) salah satu dosen di FKM juga ngrimin email yang isinya tentang aksi menentang rokok dan tentang perda/pergub yang mengatur larangan merokok di jakarta. Juga tentang tugas riset tentang rokok yang diberikan kepada mahasiswanya. di email itu beliau nulis :

Tahun lalu (Oktober 2007), mahasiswa FKMUI melakukan survey ke 30
tempat umum (kantor pemerintah, puskesmas, rumahsakit, mal, sekolah
dsb) ternyata di semua tempat yang di survey ditemukan orang yang
merokok secara bebas tanpa ada teguran dari petugas di tempat
tersebut. Di sejumlah tempat disediakan ruang merokok tetapi tetap
membiarkan orang merokok di tempat umum

terus nulis lagi yang terjadi di tahun ini:

Bulan Oktober 2008, mahasiswa FKMUI kembali melakukan survey ke
tempat-tempat umum yang sebelumnya pernah di survey dan juga
memperluas kegiatan di tempat-tempat lain sehingga seluruhnya ada 60
tempat yang di survey. Ternyata di semua tempat inipun ditemukan orang
bebas merokok tanpa teguran.

padahal udah ada aksi di tahun 2007 dan di tahun 2008, tanggal 17 November besok akan aksi lagi mahasiswa rumpun kesehatan se-jakarta.

dasar rokok, di amerika aja udah nggak dapet tempat. tapi di negara kita malah sebegitu bebas. bebas promosi (liat aja bilboard iklan, semuannya iklan rokok) bebas menjual (siapa aja bisa beli). Perusahaan rokok itu menutupi produk berbahayanya dengan beasiswa, kepedulian lingkungan, musik dan olah raga.

dan tau gak, kalau ternyata banyak penghisap rokok itu kalangan menengah kebawah yang sulit membiayai hidupnya. Untuk beli makan anak susah tapi untuk beli rokok bisa ??? aneh gak.

jadi kesimpulannya jangan mau di jajah sama rokok. jangan merokok. dan kalo berani tegur orang yang merokok sembarangan. OK

tersenyumlah !

13 November 2008

Ayo tersenyum !

kenapa harus tersenyum ?, ya, karena ini adalah sebuah hari baru, hari dimana perkenalan dengan blog baru dimulai. dimana kembali belajar menulis, merangkai kata seperti menguntai mutiara mencari hikmah dari perjalanan kehidupan.

Salam kenal untuk mu dunia baru, perkenalkan diriku dan biarkan aku mengenal lebih jauh tentang mu, doakan agar jemari ini tetap lincah menekan tust keyboard, doakan agar mata ini tidak lelah menatap cahaya monitor, doakan agar otak ini tidak membeku melakukan reproduksi ide, merangkum kejadian dan informasi yang masuk menjadi sebuah hurf yang dirangkai menjadi kata dan kalimat. menjadi seuntai cerita dan berita yang menarik. Doakan agar jiwa senantiasa pagi, secerah mentari yang menebus embun pagi memancarkan kehangatan kesegala penjuru, membangunkan insan yang masih tertidur.

salam hangat untuk mu, dunia baru. Semoga perkenalan pertama ini menjadi perkenalan yang begitu mengesankan, dan kita jatuh cinta pada pandangan pertama. Serta biarkan kita saling tarik menarik seperti magnet berlawanan kutub. Saling berharap untuk bertemu, berharap agar aku bisa mengisi relung kosong lembar-lembarmu. berharaplah bahwa kita akan bersama menjalin kisah menebar manfaat.

sekali lagi salam perkenalan, dan senang bertemu dengan mu. Ingatkan aku jika aku mulai melupakan mu. Dan tersenyumlah, karena senyum itu indah dan ibadah. ^_^

 

Indonesia, negeri  zamrud khatulistiwa dengan alam yang begitu menawan. Sebuah negeri  yang menawarkan berjuta keindahan, ciptaan dari yang Maha Sempurna, Maha Indah, Allah SWT. Keindahan alam yang elok dan sedap di pandang berjajar dari ujung timur ke barat, utara ke selatan. Membentang luas didaratan maupun di kedalaman Lautan. Membuat siapapun yang mencoba mencicipi keindahan alam Indonesia akan berdecak kagum memuji Mu, karena ciptaan mu yang menyejukan hati menenaangkan jiwa.

Tapi, tidak hari ini. Mengapa, mengapa keindahan alam yang Engkau ciptakan, di cabik-cabik, dinodai oleh tangan-tangan kotor, oleh nafsu duniawi. Mengapa Engkau biarkan mereka ya Allah, dengan sewenang-wenang, manusia-manusia itu, yang tak mempunyai hati itu, mereka telah merusak alam Mu yang elok dan indah ini. Padahal…. Engkau menurunkan manusia di muka bumi ini untuk menjadi khalifah, menjaga bumi ini agar menjadi lebih Indah.

Curug Nangka, sebuah tempat ekowisata, merupakan bagian dari Kawasan pelestarian alam, Taman Nasional Halimun Salak. Sebuah tempat yang sebenarnya indah. Namun telah rusak karena tangan-tangan manusia.

Jelas di pintu masuk ekowisata ini telah  terpasang papan peraturan, yang menyebutkan bahwa di dalam Taman nasional halimun Salak, setiap orang dilarang merusak sarana dan prasarana perlindungan hutan, dilarang merambah kawasan hutan, menebang pohon, menanam, memungut hasil hutan secara illegal, membakar hutan. Semua itu sesuai dengan UU no 41 tahun 1999.  Lebih dari itu, didalam ekowisata itu pun jelas terpampang papan selamat datang dan informasi yang berisi ; dilarang membawa miras dan narkoba, dilarang mendaki tanpa ijin, dilarang mandi di sungai bila cuaca hujan, dilarang menebang pohn, dilarang membuang sampah sembarangan, dilarang membawa senjata api dan tajam.

Aturang boleh ada, disosialisasikan bahkan di pajang ditempatnya. Tapi tidak dengan kondisi sebenarnya.

Dilarang membuang sampah sembarangan. Banyak sekali sempah berserakan di sepanjang jalan setapak menuju curug (air terjun) bahkan sampah itu pun berada di daerah aliran sungai. Para pengunjung dengan sewenang-wenang menganggap ekowisata ini sebagai sebuah tempat sampah besar sehingga merasa membuang sampah dimana yang mereka inginkan tanpa memperdulikan apa dampak yang akan terjadi. Bahkan seorang ibu pedagang dengan sadar dan terang-terangan membuang seisi tong sampah dari warungnya kedalam sungai, sebuah rutinitas yang dilakukannya tanpa merasa bersalah. Bayangkan berapa banyak sampah yang akan menimbun di sana. Akan kah ekowisata curug nangka menjadi tempat sampah ? jadi kedepan kita tidak lagi melihat air terjun dan aliran air yang elok, melainkan melihat sampah-sampah tertimbun dan menimbulkan semerbak wangi khasnya ??!

Dilarang membawa miras dan narkoba. Ya tidak ada seorang pengunjungpun yang membawa minuman keras. Karena mereka akan dengan mudahnya membeli minuman itu di pedagang-pedagang yang menjajakan dagangannya hingga percis dibawah air terjun. Pedagang itu membawa barang dagangannya seperti seorangan pedagang asongan rokok, tapi bedannya bukan hanya rokok yang mereka jual, tetapi juga minuman keras ada disana. Bukankah miras itu dilarang ? bahkan para pedagang itu mayoritas adalah anak-anak di bawah umur, umur mereka masih berkisar belasan bahkan belum lewat tujuh belas tahun. Mengapa ? minuman keras itu dengan mudahnya di jajakkan ? apa kah ekowisata curug nangka adalah bar dimana orang dengan bebasnya minum dan mabuk ??!

Ya, Allah…… di alam Mu yang indah, elok dan menawan ini, mereka secara terang-terangan telah berbuat maksiat, mereka tidak menyadari bahwa Engkau Maha Melihat, Engkau Maha Mengetahui apa yang terjadi di muka bumi ini. Mereka, para manusia kotor itu dengan bahagiannya mengepulkan asap-asap rokok di tengah udara bersih yang engkau ciptakan, mereka meneguk air yang telah engkau haramkan tanpa sadar bahwa mereka akan dengan mudahnya mendapatkan air halal untuk menghilangkan haus dahaga mereka. Mereka, para manusia kotor itu dengan bahagiannya berdua-duaan dengan bukan mahramnya. Saling duduk berdekatan, berpelukan, mencari kehangatan diantara udara dingin pegunungan tanpa mereka sadar berpuluh mata menyaksikan apa yang mereka perbuat. Tanpa malu, tanpa merasa bersalah, dan tanpa takut akan azab Mu.

Mereka dengan sadar mengotori alam indah ciptaan-Mu. Mereka dengan sadar berbuat maksiat disana, tanpa mengetahui akibat apa yang ditimbulkan kepada manusia sekitarnya….. tanpa menyadari apa yang sedang ditulisakan oleh malaikat-malaikat yang memang Engkau tugaskan untuk mencatat apa yang sedang manusia lakukan. Detik-detik itu takkan pernah terlewat untuk dicatat, amal baik, amal buruk tidak aka nada yang lepas dari pencatatan Mu.

Ya Allah, Manusia itu sungguh sombong, sungguh angkuh. Ia tidak sadar siapa yang telah menciptakan bumi dan isinya, alam semesta dan isinya. Yang bisa dilakukan oleh manusia hanyalah merusak, hanya merusak, hanya merusak keindahan ciptaan Mu. Ya Allah …… buka kanlah hati mereka, hati manusia-manusia kotor itu, agar mereka sadar atas perbuatan yang mereka lakukan, agar mereka sadar akan keberadaan Mu….. sehingga mereka tidak akan lagi merusak alam indah ciptaan Mu. Sehingga semua orang dapat menikmati keindahan bumi ini, keindahan yang merupakan anugrah dari Mu, menikmatinya tanpa terganggu oleh tangan-tangan tak bertanggung jawab …..

Ahad, 13 April 2008

21.46 WIB, sepulang dari curug nangka

Perjuangan menentang neo kolonialisme, menentang perlakuan yang tidak adil dari seorang srikandi Indonesia “Siti Fadilah Supari” menteri kesehatan Republik Indonesia. Beliau digambarkan begitu lantang bersuara melawan raksasa dunia “Amerika” begitu negara ini disebut. Menentang sebuah konsep yang telah 50 tahun di pakai, konsep yang merugikan negara-negara kecil, konsep yang hanya menguntungkan para pemilik modal, konsep yang membuat si miskin semakin menderita dan si kaya semakin Berjaya. GISN, sebuah mekanisme virus sharing yang telah  ditetapkan dan diterapkan serta disepakati negara-negara yang tergabung dalam WHO.

Berawal dari kejadian flu burung yang menjadi outbreak di Indonesia. Indonesia pun berguncang begitu juga sang menteri kesehatan, terlebih dengan pemberitaan yang menyebutkan telah terjadi penularan flu burung dari manusia ke manusia, bukan lagi dari unggas ke manusia seperti lazimnya terjadi. Di prediksi ini adalah awal dari pandemic flu burung didunia. Indonesia sesuai dengan mekanisme GISN wajib mengirimkan virus flu burung dari penderita di Indonesia ke WHO CC.

Di lain pihak dengan munculnya kejadian outbreak flu burung di Indonesia, menyebabkan negara-negara di dunia memborong vaksin flu burung yang ada, yang di buat dari starin virus Vietnam. Namun hanya negara kaya yang mampu menyiapkan diri karena harga vaksin yang tinggi. Dan Indonesia sebagai negara yang mengalami outbreak sulit untuk mendapatkannya.

Dan diketahui pula ternyata hasil pembuatan dan penjualan vaksin strain Vietnam itu tidak memberikan timbale balik apapun bagi negara Vietnam. Ironis sebuah eksploitasi atas penderitaan sebuah negara yang sedang bergulat melawan flu burung.

Atas kenyataan itulah menteri “siti fadilah supari” terketuk hatinya untuk bergerak dan dengan lantang menyuarakaan kebenaran. Di minta nyalah kembali virus yang sudah diberikan oleh Indonesia ke WHO CC, ternyata virus itu sudah berpindah tangan kesebuah laboratorium di bawah departemen energy Amerika Serikat yang mana dulu disana di buat bom atom untuk mengebom hirosima dan Nagasaki. Akankah wild virus itu akan dijadikan senjata biologis ?. Dan di ketahui pula bahwa dari 15 ilmuwan di WHO cc hanya 3 ilmuwan yang berasal dari WHO, selebihnya tidak di ketahui identitasnya secara resmi.

Dengan Kekuasaannya sebagai menteri kesehatan Indonesia, ia mengambil kebijakan yang cukup membanggakan. Ia meminta laboratorium di Indonesia untuk juga meneliti tentang flu burung. Dan Ia pun dengan lantang bersuara di forum-forum internasional yang diadakan oleh WHO agar adanya transaparansi dalam mekanisme virus sharing. Dan merubah konsep yang sudah 50 tahun dipakai dan jelas-jelas tidak adil. Atas keberaaniannya inilah ia mendapat apresiasi dari media dan negara-negara internasional. Bagaimana sebuah negara harus duduk sama rendah berdiri sama tinggi, begitulah kalimat yang sering kali ia tuliskan dalam bukunya.

Sebuah buku berjudul Saatnya Dunia Berubah, tangan tuhan di balik virus flu burung, buku  menarik yang dituliskan oleh menteri Kesehatan Republik Indonesia. Meskipun bahasanya merupakan bahasa penuturan yang juga terlihat sangat subjektif, karena sudut pandang yang digunakan hanyalah dari sang penulis sekaligus pelaku. Namun buku ini cukup menggambarkan bagaimana Indonesia memiliki menteri kesehatan yang berani berjibaku di tataran global meneriakan keadilan.

Semoga Buku ini bukan menjadi sekadar buku pendongkrak popularitas sang penulis di akhir masa jabatan beliau. Semoga buku ini menjadi inspirasi banyak orang untuk bergerak menegakkan keadilan.

Dan Sebuah harapan untuk seorang menteri Kesehatan bernama “Siti Fadilah Supari” Ia telah berani berteriak lantang di tataran Global. Anda juga harus membuktikan di tataran lokal Indonesia, bahwa kesehatan ialah hak semua orang. Bahwa Setiap warga negara di Indonesia berhak atas akses pelayanan kesehatan yang merata dan terjangkau.. Tidak ada lagi seseorang yang meninggal karena tidak mendapatkan akses kesehatan yang memadai, seseorang diusir dari rumah sakit karena tidak mempunyai biaya. Tidak ada lagi busung lapar, tidak ada lagi bayi-bayi kelaparan, Indonesia harus menjadi negara yang sehat, semoga….. amin.

  • Judul :saatnya dunia berubah ; tangan tuhan dibalik virus flu burung
  • penulis : Siti Fadilah Supari
  • Penerbit : Sulaksana Watinsa Indonesia
  • ISBN :978-979-9254-17-7

Lelah ?

26 Maret 2008

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu memerangi pasukan (musuh) maka berteguh hatilah kamu dan sebutkan (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung. Dan taatlah kepada Allah dan rasul-Nya, dan janganlah kamu berbantah-bantahan  yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatan mu dan kesabaranmu. Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar. Dan jangan lah kamu menjadi seperti orang-orang yang keluar dari kampungnya dengan rasa angkuh dan dengan masksud riya kepada manusia, serta menghalangi (orang) dari jalan Allah. Dan (ilmu) Allah meliputi apa yang mereka kerjakan” (QS Al anfaal 45-47)

Bergulat dan berjibaku dengan aktifitas di kampus, menyita waktu dan memeras keringat. Sebuah berjuangan berlandaskan idealisme merekonstruksi manusia-manusia kampus agar siap untuk menjadi pemimpin besar masa depan. Bukan sebuah pekerjaan sampingan atau selingan kuliah, tapi inilah misi kita yang sesungguhnya , menjadi aktifis  kampus. Selagi memang kita masih berada di kampus.

Tercebur dalam berbagai pemikiran, teraduk-aduk dalam pusaran ideologi, berwacana dan derdialektika dalam pertemuan-pertemuan untuk mencari solusi bagi permasalahan negeri yang semakin terpuruk. Terjun langsung bertemu dengan berwarna-warni  mahasiswa hanya untuk menyebar nilai-nilai islam yang humanis, membuat diri menjadi magnet agar yang lain dapat tertarik untuk juga mengamalkan ajaran islam. Berusaha menjadi matahari yang dikelilingi oleh planet dan jutaan benda angkasa lainnya semata-mata mengajak mereka untuk tunduk dan taat pada perintah Allah SWT.

Lelah ?

Sungguh, sebuah mimpi besar merubah dunia dan menjadikan islam sebagai pemimpin dunia merupakan kerja-kerja besar yang membutuhkan keteguhan hati. Lelah itu pasti tetapi kelelahan itu bisa disiasati. Kawan kita seringkali lupa, merasa lelah tetapi sering kali kita mematikan mata air penghapus lelah.

Kita lebih senang untuk berdiskusi dan berdialektika hingga pagi, berorasi diatas podium membangkitkan semangat yang berapi-api. Berjibaku dengan aktifitas yang tak pernah henti. Kita lupa bahwa danau pengetahuan didalam diri kita jika dibiarkan terus menerus menguap maka keringlah jiwa kita, sementara mata air ruhiyah dibiarkan mati.

Sering kali kita lupa untuk menyelami pekatnya malam-malam yang dingin dan gelap dalam sebuah kesendirian, merenungi hakikat diri memohon petunjuk kepada illahi rabbi. Agar dimudahkan langkah perjuangnnya. Agar dibukakan pintu rahmat-Nya. Membasahi bibir dengan puji-pujian kepada-Nya, semakin menguatkan diri akan perjuangan yang dilakukan.

Ia  yang berada dalam lingkaran inti perjuangan, memiliki peran dan tanggung jawab yang lebih, ia menjadi tempat bagi yang lain untuk mengorbit, menjadi contoh dalam bertingkah laku, sepantasnya lah lebih banyak ibadah yang dilakukannya.

Saudaraku ingatlah sumber dari kekuatan perjuangan yang kita lakukan semata-mata dari Allah SWT. Seperti didalam surat al-anfaal 45-47; keteguhan, selalu mengingat Allah, taat pada Allah dan rasul-Nya, persatuan dan lurusnya barisan, kesabaran,dan  niat yang ikhlas merupakan hal yang harus senantiasa dijaga demi keberhasilan perjuangan ini, dan juga keberkahannya.                                                                –^_^–